Selasa, 09 September 2014

istilah istilah dalam dunia IT

Berikut ini adalah sebagian dari istilah-istilah IT yang mungkin sering kita dengar namun terkadang kita sulit untuk menjelaskan
Booting adalah proses loading sistem operasi ke memori utama komputer.
Command-driven interface hanya menggunakan penekanan pada tombol atau keyboard sedangkan Graphical User Interface (GUI) selain menggunakan keyboard juga menggunakan perangkat mouse dalam menjalankan aksi.
Misalnya untuk menjalankan aksi maka pada Command-driven interface harus mengetikkan dulu perintah-perintah pelaksanaannya, sedangkan Graphical User Interface (GUI) cukup dengan prosedur click, double-click, drag and drop, atau right-click.
Sistem perangkat lunak memungkinkan perangkat lunak aplikasi untuk berinteraksi dengan komputer dan membantu komputer mengelola sumber daya  internal dan eksternal
Karena dengan multitasking memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi pada waktu bersamaan, sehingga dengan proses switching, memungkinkan komputer untuk beralih cepat bolak balik antara tugas yang berbeda.
Device driver adalah program perangkat lunak khusus yang memungkinkan input dan perangkat output untuk berkomunikasi dengan seluruh sistem komputer.
Utility program adalah sebuah program layanan, sebuah komponen sistem perangkat lunak yang melakukan tugas-tugas yang terkait dengan kontrol dan alokasi sumber daya komputer.
Platform adalah model tertentu processor dan sistem operasi pada sebuah sebuah sistem komputer yang merupakan basisnya. Seperti Windows platform, Mac platform dan lain-lain.
3 komponen system software adalah:
Operating systems yang berfungsi untuk mengelola operasi dasar komputer.
Device drivers yang berfungsi untuk mengkomunikasikan antara input dan perangkat output dengan seluruh sistem komputer.
Utility programs yang berfungsi untuk mengontrol dan mengalokasikan sumber daya komputer.
Open-source software adalah sebuah perangkat lunak dimana setiap programmer dapat men-download dari internet secara gratis dan memodifikasi dengan menyarankan perbaikannya agar menghasilkan sofware yang lebih berkualitas.
Defragmenting adalah proses menemukan semua file yang tersebar pada hard disk dan mereorganisasi semua file tersebut sebagai file yang tersusun pada ruang hard disk. Proses ini akan mempercepat pengoperasian pada drive hard disk.
Embedded system adalah sistem elektronik yang menggunakan chip CPU tapi itu bukan suatu workstation, dekstop atau komputer laptop. Sistem ini adalah sistem komputer khusus yang merupakan bagian dari sistem atau mesin yang lebih besar.
Kegunaan aplikasi perangkat lunak
Project management software berguna untuk merencanakan dan menjadwalkan orang-orang, biaya dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek agar tepat waktu.
Dekstop-publishing software berguna untuk mengintegrasikan file-file seperti teks, gambar/grafis dan lain-lain agar dapat ditampilkan pada layar sebagai suatu halaman.
Database software berguna untuk menentukan dan mengontrol struktur database dan akses ke data.
Spreadsheet software berguna untuk membuat tabel dengan memasukkan data dan formula dalam baris dan kolom yang diatur sebagai grid dalam layar tampilan.
Word processing software berguna untuk membuat, mengedit, memformat, mencetak dan menyimpan data dalam bentuk teks.
Program yang lebih mutakhir antara Analytical Graphics dan Presentation Graphics adalah Presentation Graphics, karena dengan program ini memiliki fasilitas multimedia secara lengkap (teks, gambar, suara, video dan animasi) dalam menampilkan data secara visual.
Perbedaan antara pop-up menu, pull-down menu, cascading menu adalah:
Pop-up menu merupakan daftar pilihan menu yang dapat muncul dimana saja pada layar monitor ketika menekan tombol sebelah kanan pada mouse. Namun pop-up menu tidak terhubung ke menu bar.
Pull-down menu merupakan daftar pilihan menu yang dapat dilihat atau dipilih dengan menarik turunkan daftar tersebut pada menu di bagian atas layar.
Cascading menu merupakan menu yang muncul seolah-olah melayang atau muncul dari belakang menu sebelumnya dimanapin ada ruang pada layar.
- Importing adalah mendapatkan data dari sumber lain dan kemudian mengubahnya menjadi format yang kompatibel dengan program yang kita miliki.
Exporting adalah transformasi data ke dalam format yang dapat digunakan dalam program lain dan kemudian mentransmisikannya.
Perbedaan antara drawing program dan painting program:
Drawing program merupakan perangkat lunak yang digunakan hanya untuk merancang dan membentuk objek sedangkan painting program adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan lukisan di layar monitor.
Computer-Aided Design (CAD) digunakan untuk mendesain produk, struktur, gambar teknik sipil, dan peta.
Arti dari beberapa lisence:
Site licenses adalah lisensi yang memungkinkan perangkat lunak untuk digunakan pada semua komputer di lokasi tertentu.
Concurrent-use licenses adalah lisensi yang memungkinkan beberapa salinan perangkat lunak untuk dapat digunakan pada waktu yang sama.
Multiple-user licenses adalah lisensi yang menentukan berapa jumlah orang yang dapat menggunakan perangkat lunak.
Single-user licenses adalah lisensi untuk menentukan batas perangkat lunak yang digunakan untuk satu pengguna pada satu waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar